Category

Powered by Blogger.

11 Seri Ponsel Legendaris Nokia Yang Tak Terlupakan

by Unknown  |  in TEKNOLOGI at  15:19





Pada awal tahun 2000-an, Nokia adalah pemain paling dominan di pasar ponsel. Bagi yang sudah pernah memakai ponsel di era tersebut, pasti pernah menggunakan atau paling tidak mendengar jenama produk asal Finlandia ini. Namun sekarang Nokia begitu merana, sulit bersaing dengan perkembangan dunia smartphone berlayar sentuh yang dimulai Apple iPhone pada 2007. Pasanya terus menciut, diikuti oleh nilai saham yang merosot.

Sampai akhirnya Nokia dijual ke Microsoft dengan nilai 'cuma' 7 miliar dolar, angka yang terbilang 'murah' untuk sebuah jenama global yang pernah berjaya. Parahnya lagi, kini Microsoft siap meresmikan Microsoft Lumia, merk baru yang akan menggantikan nama Nokia. Pelan tapi pasti, nama Microsoft Lumia bakal menggantikan nama Nokia.

Untuk mengenang jenama ponsel legendaris ini, kami hadirkan beberapa ponsel ikonik Nokia yang pernah populer di Indonesia.

 

1. Nokia 8110

Antena, serta bentuknya yang melengkung, dengan sistem slide ke bawah untuk membuka keypad, menegaskan kalau ponsel ini berasal dari jaman baheula. Makanya tak heran kalau ponsel ini populer dengan sebutan "Nokia Pisang". Meski begitu, ponsel ini termasuk seri 8 Nokia, yang merupakan model premium vendor asal Finlandia itu. Ponsel keren di masanya ini pun masuk film The Matrix pada 1999.






 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Nokia 8210

Ponsel ini adalah pencapaian besar untuk Nokia. Perangkat ini memiliki antena di dalam, fitur yang luar biasa pada 1999. Ponsel ini juga sangat enteng, hanya 79 gram. Tapi pada zamannya ponsel ini terhitung canggih, dilengkapi port inframerah untuk mengirim kontak, dan punya game 'Snake'.




Nokia 8210
Nokia 8210
© CC BY-SA 3.0/Krystof/2010 /Wikipedia

3. Nokia 8250

Ponsel ini termasuk fenomenal di saat awal-awal Nokia populer di Indonesia. Desainnya tampak keren sekaligus elegan dengan layarnya yang memancarkan backlight berwarna biru. Harganya pun mahal untuk ukuran zamannya, lebih dari Rp4 juta. Pokoknya penggunanya bakal disebut gaul banget kalau sudah memakai Nokia 8250 ini.




Nokia 8250
Nokia 8250
© Istimewa

4. Nokia seri 3310 dan 3315

Disebut sebagai "HP sejuta umat", ponsel ini laku hingga 126 juta unit di seluruh dunia. Apa yang bikin 3310 dan penerusnya, 3315 begitu fenomenal? Karena seri 3310 ini salah satu ponsel pertama yang menawarkan harga murah, di angka Rp2 juta-an. Makanya laris manis. APalagi cangkangnya bisa digonta-ganti, sesuai selera. Dilengkapi pula dengan berbagai game keren, seperti Pairs II, Space Impact, Bantumi, dan yang paling fenomenal: Snake II.
Ada yang masih ingat?







5. Nokia Nokia 7650

Ponsel ini merupakan smartphone Symbian dari Nokia yang menjadi ponsel Nokia berkamera pertama di tanah air. Resolusinya VGA (640 x 480 piksel) dan belum bisa merekam video, tapi kala itu sudah lebih dari lumayan. Bentuk format slider-nya pun keren banget, sayangnya tanpa memori eksternal, sehingga tak bisa memotret banyak-banyak.






 

6. Nokia 3650

Keypadnya aneh. "Mana enak ngetik cepet pake keypad model melingkar kayak gitu?" Begitu pendapat orang untuk ponsel ini. Inilah ponsel pertama di Indonesia yang memiliki perekam video. Saking gaulnya, akhirnya ada versi revisi dari ponsel ini, yakni Nokia 3660, yang pake keypad normal.






 

7. Nokia N-Gage

Di ponsel N-Gage yang berbasis Symbian S60 OS ini semua hal tentang mobile game berubah. Pengguna bisa main game 3 dimensi yang keren seperti FIFA Football 2004, Call of Duty, Sonic dan masih banyak lagi. Selain game keren dan desain yang khas portable gaming device, ponsel ini juga punya MP3 Player. Nelpon dengan N-Gage pun bakal jadi perhatian orang, karena tampak seperti kuping gajah.






 

8. Nokia 6600

Ponsel yang bentuknya mirip daging steak ini cukup laris, karena beberapa perbaikan dari Nokia 3660. Misalnya layar yang lebih bagus, performa yang lebih cepat dan kualitas kamera VGA yang lebih baik dari sebelumnya.






 

9. Nokia 7610

Keren dan stylish banget. Ponsel ini punya desain ketupat yang unik. Dipadu warna merah dan hitam, ponsel ini adalah salah satu yang paling keren di masanya. Ponsel Symbian S60 ini juga merupakan salah satu ponsel dengan kamera 1 megapiksel pertama yang masuk ke Indonesia. Bagian belakangnya pun bisa dipakai untuk berkaca, atau untuk mempermudah selfie.







 

10. Nokia 9500

Waktu ponsel ini keluar sebagai suksesor Nokia 9210 Communicator, pasar heboh. Harganya dinilai "tak wajar", saat itu dibanderol Rp12 juta, atau senilai dengan motor bebek baru! Toh antriannya tetap panjang dan ponsel nyaris sebesar batu bata ini tetap laku.
Pembelinya adalah kalangan "boss-boss besar" sampai "boss kecil". Di kota-kota besar khususnya pusat perbelanjaan, Communicator menjadi sebuah simbol status sosial. Setelah Nokia 9500, penerusnya pun diburu para pecintanya, seperti Nokia 9300 dan pada akhirnya Nokia E90.






 

11. Nokia N-Series

Sebagai raja ponsel saat itu, N-Series diposisikan sebagai ponsel pintar khusus multimedia. Ponsel-ponsel canggih (pada masanya) ini mendukung teknologi 3G, Wi-fi, serta fitur-fitur berbasis multimedia, seperti playback musik, kamera, perekam video, game, dan layanan internet.
Contoh ponsel Nokia N-Series yang terkenal di Indonesia adalah Nokia N70, N73, N91, N93 dan N95. Semuanya dilengkapi kamera yang memadai dan layar besar.





0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.